S E G A R (SENAM SEHAT GEMBIRA )

 

Oleh: Heti Sukmawati, S.Pd
(TK Wonderland Lembang)

 

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, murid-murid Taman Kanak-Kanak (TK) Wonderland  pada umumnya masih belum mandiri pada saat datang ke sekolah. Mereka ingin ditemani oleh orang tua atau pengantarnya dan Sebagian cenderung rewel dan ingin Kembali  ke rumahnya. Sebenarnya hal tersebut masih wajar mengingat usia mereka yang tergolong masih pendidikan usia dini. Namun, jika dibiarkan tentu akan berdamapk tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Kami berinisiatif  membuat program untuk menumbuhkembangkan dan melatih kemandirian murid-murid dengan kegiatan sederhana, memberikan stimulus-stimulus agar pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik, sosial emosional, kognitif, dan bahasa berlangsung secara pesat terutama  perilaku dan kemandirian anak yang akan bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.

Salah satu kegiatan sederhana yang kami gagas adalah “Segar” akronim dari Senam Sehat dan Gembira. Program Segar ini merupakan kegiatan kokurikuler. Program  ini dilaksanakan oleh semua siswa dari kelas A dan B,  dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok akan membuat rangkaian gerak senam kreasi sederhana dengan lagu yang dipilih dan disukai murid, kemudian siswa bersama kelompoknya berlatih secara berkolaborasi baik disekolah atau di rumah. Sebelum memulai pembelajaran, setiap harinya merekan akan melaksanakan “segar” terlebih dulu , yaitu Senam Sehat Gembira.

 Senam Sehat Gembira TK Wonderland “SEGAR”

Tujuan program segar ini untuk mewujudkan murid yang sehat, kreatif, mandiri dan ceria yang dapat berkolaborasi bersama teamn-temannya dan mengikuti pembelajaran dengan rian gembira walaupun tidak dibersamai oleh orang tua dan pengasuhnya.

Sebelum melaksanakan program ini kami berdiskusi dengan kepala sekolah, rekan guru, murid dan orang tua, yang merupakan mitra sekolah. Meskipun dengan cara dan bahasa yang sederhana, kami mengajak murid untuk berdiskusi mengenai ide, kegiatan dan waktu pelaksanaan , terutama mengenai lagu dan gerakan yang mereka sukai, sebab sangat penting melibatkan murid dalam melaksanakan program segar ini.

Harapan kami program ini dapat terlaksana mengingat kami memiliki kekuatan, potensi  dan modal manusia (Kepala sekolah, guru , murid dan orang tua), modal fisik ( halaman dan ruang sekolah yang cukup luas), modal finansial dari dana BOS dan sumbangan orang tua dan modal sosial.

Untuk mendukung kelancaran program ini , kami melakukan refleksi dan evaluasi rutin secara internal Bersama warga sekolah maupun eksternal bersama mitra sekolah. Hal apa yang harus dipertahankan, diperbaiki dan ditingkatkan , mengingat kami  ingin memberikan kegiatan yang berdampak pada murid-murid TK Wonderland. Kami selalu terbuka untuk saran dan perbaikan kegiatan segar ini.

Tantangan pasti ada baik dari internal maupun internal, apalagi melibatkan murid-murid TK yang belum mandiri, selain itu keterbatasan tenaga pengajar untuk membersamai kegiatan ini.  Namun semuanya dapat diatasi dengan  baik yaitu selalu berdiskusi  dan bekerjasama dengan  semua pihak dalam  menjalankan tugas dan perannya dengan baik.

Dengan kegiatan Segar, senam sehat gembira, kami berharap murid-murid di TK Wonderland  akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, fisik dan mentalnya, mandiri , riang dan gembira dalam melaksanakan kegiatan bermain dan belajar di sekolah, sehingga kelak kemandirian itu akan terus berlanjut di sekolah Dasar dan akan menjadi bekal untuk kehidupannya di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar: