PENDIDIKAN ETIKA BERSAMA ARIGATOU INTERNATIONAL DAN SEKOLAH PENGGERAK BANDUNG BARAT



 




BHINEKA POST- Sebanyak 40 peserta dari lima Sekolah Penggerak Kab.Bandung Barat menggelar Lokakarya Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertajuk Pendidikan Etika. Kegiatan yang diselenggarakan pada 10-12 Mei 2023 di SMP Darul Falah 2 Cihampelas tersebut,  melibatkan Arigatou International Jepang tersebut dan dihadiri oleh pihak Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat (Disdik KBB), Fasilitator Daerah (Fasda) Jawa Barat, Pengawas dan para kepala sekolah.


Dalam pembukaan lokakarya melalui rekaman video, Maria Lucia Uribe dari Arigatou International mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk melatih para guru tentang pentingnya pendidikan etika dalam menghargai perbedaan dan keragaman. 


"Saya berharap pelatihan yang bisa melatih peserta pelatihan tentang pendidikan yang sebenarnya, bagaimana para murid berhubungan satu sama lain, bagaimana mereka belajar lebih menghargai untuk memahami keragaman juga lebih bertanggung jawab mengambil dampak dalam pengembangan komunitas mereka,” ujar Maria dengan antusias.


Sementara itu, Ketua Harian Komisi Nasional  Indonesia untuk UNESCO, Itje Chodijah mengungkapkan  bahwa kegiatan di atas sebagai tindak lanjut pertemuan Kemdikbudristek bersama Arigatou internasional.


"Kami berharap Saudara dapat mendukung pelaksanaan program tersebut di wilayah saudara, khususnya pada pelaksanaan program etik education fellowship di tingkat regional dalam bentuk lokakarya tentang penguatan profil pelajar Pancasila”. Ethics Education Fellowship Program di tingkat regional berupa kegiatan lokakarya ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Kemendikbudristek bersama Arigatou internasional di Jogyakarta pada 2-9  Oktober 2022 yang dihadiri enam negara, yaitu Indonesia, Bangladesh, Kenya, Mauritius, Seycheles dan Nepal," terangnya.



Seperti diketahui, untuk Jawa Barat, Lokakarya Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Etika diikuti oleh lima sekolah penggerak Kabupaten Bandung Barat (4 sekolah penggerak angkatan 1 dan 1 sekolah penggerak angkatan 2), yaitu SMPN 5 Gununghalu,  SMPN 4 Cikalongwetan, SMPN 3 Cipatat, SMP Darul Falah 2 dan SMP Muslimin Cililin. Kegiatn ini menampilkan DR. Hj. Nita Isaeni, S.Ip., M.Pd. dari Direktorat Guru Dikdas, Edy Syaprudin, S.Pd. dari Disdik KBB,  Euis Lasmini Djuanda, S.Pd., M.Ed. Fasilitator Jawa Barat, Nanang Saiful Anwar, S.Pd., M.Si. Pengawas, Dr. H. Agus HD Idris,S.Ag., M.M. Kepala SMP Darul Falah 2,  Drs. H. Baihaqi, M.Si. Kepala SMP Darul Falah, dan Ati Rosmiati, S.Pd., M.Pd, Kepala SMPN 3 Cipatat.


Dalam kesempatan berbeda Kepala SMP Darul Falah 2, Agus Idris menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, pihaknya mendapatkan kehormatan karena menjadi tuan rumah dengan  mellibatkan lembaga internasional.


“Sungguh sangat luar biasa suatu kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan lokakarya perdana yang dinisiasi lembaga international, saya berharap kegiatan ini bisa memperkuat para guru dan siswa dalam menerapkan merdeka belajar melalui penguatan Profil Pelajar Pancasila,” paparnya.


Di sisi lain, Euis Lesmini Djuanda selaku Fasilitator berharap para guru mampu berkontribusi besar dalam membuat perubahan besar dalam membangun karakter anak Indonesia sebagai warga global. 


“Suatu kebahagiaan ketika guru terlibat dan mampu berefleksi. Oh ternyata saya selama ini sudah melakukan pendidikan etika, atau saya pernah melakukan pendidikan etika, atau saya akan melakukan pendidikan etika, juga saya optimis guru-guru yang menjadi peserta lokakarya kali ini begitu terlibat partisipatif dan mampu menjaga spiritnya karena bukan hanya tiga hari ini, namun yang menjadi tugas yang sangat sulit adalah ketika bertemu dengan anak-anak nanti di kelas, bagaimana pendidikan etika ini bisa berjalan dengan baik.” ungkap Euis optimis.


“Selamat bekerja guru-guru hebat yang akan melanjutkan pesan-pesan dan pengalaman yang didapatkan selama 3 hari lokakarya pendidikan etika di sekolahnya masing-masing. Semoga ini adalah awal kebaikan penguatan pendidikan etika anak Indonesia. Memang butuh pengorbanan.Ke depan semoga kita bisa berkolaborasi saling menguatkan dalam penerapan penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pendidikan etika,” lanjut Euis.


Beragam respons peserta, di antaranya Rahmat Sodik yang memberikan kesan keseruan acara. Menurutnya, banyak pengalaman yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut.


“Acaranya seru banget. Tidak membuat jenuh. Banyak wawasan dan pengalaman bagaimana menerapkan pendidikan etika melalui permainan tali perkenalan, pulau yang hilang dan menulis identitas diri  yang bisa diterapkan dalam proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila,” kesannya.


Senada dengan Yusep Saepuloh yang menandaskan pihaknya akan mengimplentasikan hasil kegiatan lokakarya.


“Setelah kegiatan ini saya dan tim akan menerapkan dalam proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi karakter yang ditonjolkan adalah bagaimana saat kita harus memilih dan dipilih dan bagaimana sikap saat memberikan pendapat atau sanggahan saat proses demokrasi di sekolah,” tandasnya.

Tidak ada komentar: