"TRIZORA" Ekskul Seni SMPN 1 Cikalongwetan

  



Oleh:  Ai Nurhayati, M.Pd

      

Seni musik merupakan ilmu pengetahuan yang memperpadukan unsur ritmis dan beberapa nada, vokal dan instrumen yang melibatkan rasa. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan Aristoteles, bahwa seni musik adalah sebuah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada) yang memiliki irama.

Seiring dengan perkembangannya, musik muncul dalam berbagai bentuk,antara lain musik jazz,rock ‘n roll, musik dangdut,musik  blues,hiphop dll,kitab kita bisa memilih jenis musik sesuai dengan selera dan kemampuan artinya seseorang  hanya sebagai penikmat musik saja  atau musik dijadikan profesi (pekerja seni) tetapi pastinya semua orang suka dengan musik karena musik bagian dari hiburan.

Di sisi lain, SMPN 1 Cikalongwetan sebagai lembaga pendidikan formal tingkat pertama menyediakan beberapa kegiatan ekstrakulikuler untuk mewadahi kemampuan atau bakat siswa dalam berbagai bidang, salah satunya adalah musik. Hal ini berdasarkan analisis diagnostik ekstrakulikuler yang penulis amati.

Spens’art sebagai wadah ekstrakurikuler sekolah tersebut yang memberikan tempat bagi siswa dalam bidang kesenian. Kegiatan ini diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan  juga untuk lebih menambah kemampuan perseptual yang meliputi kepekaan indrawi terhadap bunyi dan kreatifitas dalam berkarya dan berimajinasi.

Walaupun, bagi sebagian siswa kegiatan ekstrakulikuler di sekolah hanya membuang-buang waktu saja karena tidak bisa bermain dengan teman sesuka hati, termasuk harus mematuhi segala aturannya, namun sebenarnya ekskul berperan sangat penting terhadap perkembangan karakter siswa karena akan membangun dan membuka kemampuan siswa itu sendiri.

Di lain pihak, siswa yang tergabung dalam Spent’Art,  bukan saja sebagai wadah kemampuan musik siswa tetapi juga bagian dari membuka kemampuan mereka.

Pertunjukkan musik yang mereka ikuti pada setiap kesempatan merupakan unjuk kemampuan untuk analisa awal, yaitu uji kemampuan dalam hal percaya diri, uji kemampuan dalam kecakapan berperan,kemampuan berbicara,kemapuan beradaptasi,kemampuan bekerja sama dalam team, kemampuan disiplin waktu,kemampuan mempelajari hal-hal yang baru dan masih banyak lagi.

Konsep Merdeka Belajar dalam pendidikan seni sangat efektif dilaksanakan karena pendidikan seni mengacu pada teori humanistik yang menekankan pada kecerdasan emosional serta pembelajaran mengikuti keinginan, minat dan bakat peserta didik, sehingga sesuai dengan konsep merdeka belajar yang menekankan pada kebebasan berpikir dan kemerdekaan belajar.

Adalah TRIZORA terdiri dari tiga siswi SMPN 1 Cikalongwetan yang aktif di sekolah dalam bidang seni. Mereka terdiri dari Alifia Cahaya sabrina (gitar), Silvi (vokal) dan Disa Awalia C (cajon). Mereka bukan  seniman, namun belajar dari para seniman untuk menjadi seorang seniman. Tentunya dengan banyak latihan, belajar dan berani tampil maka semua keinginan itu bukan tidak mungkin akan tercapai.  Yang dibutuhkan oleh mereka saat ini adalah dukungan, motivasi dan media, sehingga akan mempermudah mengasah dan mengembangkan kemampuannya

Menurut Bill Gates  sukses itu sendiri berarti mampu memberikan sesuatu kepada sesama dan juga dampak bagi kehidupannya. Baginya akan terasa menyenangkan ketika membuat perubahan seperti menemukan hal baru. Jadi jelas bahwa perubahan apapun dalam diri anak akan membuat dampak yang cukup  besar didalam hidupnya kedepannya.

TRIZORA artinya tiga bintang. Saat ini mereka adalah bintang bagi keluarganya di rumah, karena bisa membuat kedua orang tuanya selalu berusaha untuk membangun dan membantu mereka dalam banyak hal untuk pencapaiannya. Ke depan mereka juga pasti akan menjadi bintang bagi lingkungannya, karena sekecil apapun kemampuan yang dimiliki oleh anak maka itulah bintang.

Akhirnya, motivasi keluarga di rumah, guru di sekolah, teman-teman di kelas sangat membantu bagi perkembangan selanjutnya.semangat untuk TRIZORA tidak ada yang tidak mungkin terjadi, berkaryalah selagi muda dan bisa.

Penulis adalah guru SMPN 1 Cikalongwetan, Kab. Bandung Barat-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.


Tidak ada komentar: