Pelepasan Balon Semarakan MPLS SMPN 2 Lembang

 


Bhineka Post-Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 2 Lembang diadakan secara semarak namun penuh hikmah. Kegiatan pembukaan MPLS dilaksanakan di halaman sekolah bersamaan dengan upacara Hari Kesadaran Nasional. Dua kegiatan yang saling berhubungan karena sama-sama meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara, Senin(17/07/23). 


Salah satu bentuk kesemarakan pembukaan MPLS di SMPN 2 Lembang adalah pelepasan puluhan balon warna warni ke udara. Kegiatan ini merupakan sebuah simbol penuh makna bagi peserta didik baru dan para guru serta orang tua. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Lembang. 

Beben Kadar Solihat menyampaikan bahwa pelepasan puluhan balon bukan hanya sekedar acara seremonial tanpa makna. Simbolnya sangatlah bermakna bagi semua pihak. Bagi para peserta didik baru merupakan simbol bahwa mereka telah menjadi anak-anak yang mulai belajar lepas dari lingkungan kecil. Mereka harus siap berkumpul dengan lingkungan baru yang lebih luas. 

“ Pelepasan balon ini bukan hanya acara biasa tanpa makna, saya berharap peserta didik baru belajar menjadi manusia baru yang telah memiliki tempat baru yang lebih luas. Banyak hal baru yang berbeda dibandingkan saat di SD. Semoga kalian bisa kuat menempuh situasi baru yang lebih luas lagi,” paparnya. 

Sedangkan makna untuk para guru pelepasan balon ini adalah dimulainya persiapan memberikan pembelajaran yang lebih luas lagi. Selain itu beliau berharap tidak ada lagi pengekangan berpikir pada peserta didik. Para guru diharapkan mampu membersamai sikap-sikap terbuka peserta didik agar mereka mampu tetap bertanggung jawab terhadap pemikiran-pemikirannya. 

“ Saya berharap para guru mampu menjadi langit yang begitu luas untuk sikap dan pemikiran peserta didik. Selalu memberikan kesempatan kepada untuk menyampaikan hal yang dipikirkannya. Jangan membatasi pemikiran mereka, namun tetap menemani agar tidak salah dalam penyampaiannya,” ujarnya. 

Sedangkan untuk para orang tua, simbol tersebut adalah sebagai gambaran bahwa mereka harus sudah mulai melepas anak-anak untuk belajar bersama teman baru serta tempat baru. Lepaskan anak-anak  agar mereka lebih bisa menyampaikan keinginannya dengan cara dan sikap baik bersama para guru di sekolah. 

“ Untuk para orang tua siswa, mulailah melepaskan anak-anak agar bisa belajar lebih dewasa. Percayakan anak-anak dibimbing oleh para guru di sekolah yang lebih tinggi. Hal ini agar anak-anak bisa belajar lebih mandiri. Namun pengawasan tetap harus dilaksanakan oleh para orang tua. Kerjasama yang baik dengan pihak sekolah sangat diperlukan,”pungkasnya. 

Kontributor: Pupu Pujiati S.Pd. Sumber Berita: Beben Kadar Solihat S.Pd. MM (Kepala SMPN 2 Lembang) 

Tidak ada komentar: