"Gong" Tanda Pembukaan MPLS SMPN 3 Cililin

 


Bhineka Post- SMPN 3 Cililin, Senin 17 Juli 2023 menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023-2024. Kegiatan  berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 17,18, dan 20 Juli diawali dengan rangkaian upacara bendera sekaligus pemukulan "Gong" Oleh Kepala Sekolah, N. Mimin Rukmini, menandai dibukanya kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024 secara resmi.


"Kami mewakili pendidik dan tenaga pendidik SMPN 3 Cililin,  mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung kepada siswa baru kelas 7. Semoga  Kalian  dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah, dan dapat belajar dengan baik,  mengembangkan minat dan bakat, serta mudah-mudahan bisa berprestasi di sekolah ini seperti kakak kelas Kalian bahkan mungkin bisa melebihi mereka," ungkap N. Mimin Rukmini.

Dalam sambutannya Kepala sekolah mewakili semua pendidik dan tenaga pendidik SMPN 3 Cililin,  mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung kepada siswa baru kelas 7. Semoga mereka dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah, dan dapat belajar dengan baik,  mengembangkan minat dan bakatnya, serta mudah-mudahan bisa berprestasi di sekolah ini seperti kakak kelasnya terdahulu bahkan mungkin bisa melebihi mereka.

Sementara itu Ketua Panitia, Asep Supriyadi mengemukakan bahwa kegiatan MPLS Tahun  ini mengambil  tema "Membangun Generasi Pancasila". Hal tersebut senada dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang akan mulai diberlakukan di tahun Ajaran baru ini  pada  kelas pemula, kelas 7.

Di sisi lain, Pks Kurikulum, Budi Ruspiadi mengungkapkan pandangannya bahwa seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum merdeka erat kaitannya dengan upaya mendidik generasi bangsa yang memiliki profil pelajar Pancasila.

Sebanyak kurang lebih 95 siswa baru SMPN 3 Cililin,  mengikuti rangkaian kegiatan "MPLS" dengan baik. Tampak mereka antusias menyimak  materi, aktif menjawab pertanyaan, aktif pula mengikuti berbagai "ice breaking" dan "game" yang dipandu oleh pemateri maupun panitia. Dengan demikian, kegiatan MPLS berlangsung seru dan menyenangkan.

Adapun materi MPLS yang disajikan, di antaranya Wawasan Wiyata Mandala dan GLS , Profil Pelajar Pancasila, Sejarah SMPN 3 Cililin, Kurikulum Merdeka,  dan Cara Belajar Efektif. Selain materi  di atas sebagai  upaya pembiasaan untuk membentuk generasi yang sehat, maka disampaikan pula materi dan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) serta acara puncaknya adalah penjelajahan di daerah sekitar sekolah dimana peserta MPLS berjalan kaki berkelompok sesuai rute, dari satu pos ke pos lain untuk menunjukan minat bakat mereka baik itu bidang seni, olahraga, agama maupun akademik yang diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut di sekolah ini. 

Kepala sekolah juga berharap, pemukulan  "Gong" yang disambut meriah sebagai tanda dibukanya kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024 ini, menjadi titik awal  bagi kita untuk memulai Tahun Ajaran Baru dengan semangat baru, bergerak bersama wujudkan merdeka belajar, menuju Profil Pelajar Pancasila, pungkasnya.

Kontributor: Hani Asnilawati, S.Pd (Guru PPKn SMPN 3 Cililin)-Sumber: Kepala SMPN 3 Cililin: Dra. N. Mimin Rukmini, M.Pd., PKS. kurikulum: Budi Ruspiadi, M.M.Pd, Ketua Panitia MPLS: Asep Supriyadi S.Pd.

Tidak ada komentar: