PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY
Oleh: Hj. Eni Haerini,
M.Pd
(Kepala SMPN 4 Cipeundeuy)
Program peningkatan kualitas
pembelajaran di sekolah dapat dicapai apabila kegiatan pembelajaran di kelas
berlangsung aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan. Guru sebagai
pelaksana terdepan pendidikan anak-anak di sekolah, untuk senantiasa membuka
diri secara sadar selalu meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan belajar
mengajar. Di SMPN 4 Cipeundeuy program
peningkatan kualitas pembelajaran ini dilakukan melalui supervisi.
Supervisi
yang dimaksud adalah pembinaan yang
diberikan kepada seluruh guru agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk
mengembangkan situasi belajar mengajar yang baik dan professional. Khusus untuk
tahun pelajaran 2022/2023 supervisi di SMPN 4 Cipeundeuy dilakukan dengan pola Lesson Study.
Seperti diketahui, Lesson Study adalah model pembinaan profesi pendidik melalui
pengkajian pembelajaran secara kolaboratif & berkesinambungan berlandaskan
prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning
untuk membangun komunitas belajar.
Pelaksanaan
Lesson Study ini dilakukan dalam tiga tahap
sehingga pelaksanaannya melalui tiga tahap, yaitu
perencanaan(plan), pelaksanaan(do), dan refleksi(see).
Supervisi dengan menggunakan pola lesson study ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan
guru dalam menciptakan pembelajaran yang optimal. Guru yang nilai supervisi di
semester sebelumnya kurang menjadi baik
dan yang sudah baik menjadi semakin baik. Hal ini pasti terjadi karena di dalam
pelaksanaan lesson study semua guru dapat meniru apa pun yang baik yang
dilakukan oleh guru model.
Selain itu, dalam refleksi akan
banyak masukan dari rekan rekannya mengenai siswa siswi yang kesulitan dalam
belajar sehingga saat melakukan pembelajaran sendiri sudah dapat mengatasi
masalah-masalah yang muncul dan mencarikan solusi.
Pada supervisi dengan pola seperti
itu dapat melengkapi administrasi sekolah terkait pelaksanaan refleksi hasil belajar,
serta pemberian umpan baik bagi guru dari siswa, guru, dan kepala sekolah.
Bahkan, ketika SMPN 4 Cipeundeuy menghadirkan salah satu orang tua siswa dalam open
lesson, ada perasaan puas dari orang tua tersebut dengan mengatakan bahwa
guru dan fasilitas sekolah sangat memadai sehingga beliau merasa bahagia
menyekolahkan anaknya di SMPN 4 Cipeundeuy.
Selain itu berita acara dan daftar
hadir dari supervisi ataupun refleksi hasil pembelajaran dapat diwujudkan
dengan mudah.
Supervisi
ditunjukan kepada situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan
pendidikan secara optimal. Sasaran supervisi adalah:
a. Pelaksanaan KBM
b.Hal-hal yang menunjang terhadap
pelaksanaan KBM seperti pengelolaan kelas, pengelolaan sekolah, pengelolaan administrasi,
pengelolaan bimbingan, kebersihan, ketertiban, pelaksanaan ekstrakulikuler
seperti UKS, Pramuka dan lain-lainnya. *
Tidak ada komentar: